Tuesday, 30 June 2015

Buka Bersama di Graz


 by Syifa Nurhanifah
Images by Sri Yuliyanti and Vina



Salah satu hikmah dari bulan Ramadhan adalah “nikmatnya kebersamaan”. Jika dibandingkan dengan bulan-bulan selain bulan Ramadhan, acara makan bersama itu tergolong sesuatu hal yang “jarang terjadi” mungkin bisa dikatakan yah paling sering sebulan sekali makan bareng teman-teman. Selebihnya ya kita sibuk masing-masing.

Tetapi ketika Ramadhan datang, rasa kebersamaan itu seakan sebuah kebutuhan yang jika tak dipenuhi terasa tak afdhol Ramadhannya. Seminggu pun bahkan bisa 2 sampai 3 kali ada acara “Iftar” (atau kalo orang Indonesia bilangnya Bukber). Apalagi yang tinggal di Wina, asyik bener deh kalo udah Ramadhan, ada KBRI dan Wapena yang selalu mengadakan Bukber ini tiap minggunya dengan menyuguhkan makanan-makanan Indo dan kajian Ramadhan.... mmmmm... bikin hilang rasa kangen kampung halaman :D


Kebersamaan adalah juga merupakan “pondasi” dari sebuah Komunitas yang harus dijaga kekokohannya supaya komunitas ini tetap berdiri kuat. Berangkat dari semangat inilah, PPI Austria juga mengadakan acara Bukber di bulan puasa ini yang bertujuan untuk terus memupuk tali silaturrahmi dan keeratan antar anggota. Dan kali ini yang mengadakan Bukber adalah teman-teman PPI di Graz! Lho kenapa Graz?? Jawabannya bisa kalian dapatkan setelah selesai membaca artikel ini ;)

Kalo boleh saya jujur, saya sangat bangga dan salut terhadap temen-temen PPI yang hidup di Graz. Kekompakkan dan solidaritas mereka sesama mahasiswa dari Indonesia bisa dikatakan menakjubkan.. hehe
Dibawah Komando wanita-wanita luar biasa seperti Mbak Marini, mbak Nursis, mbak Ossy dan dan mbak Fitri bumbu-bumbu dan sayur mayur itu disulap menjadi sebuah makanan yang sangat lezat... ada es campurrrr dan teh manis sebagai minuman pembuka, kemudian ada Ayam balado, tempe bacem, cap-cay dan Bakso sebagai menu utama, dan terakhir ada tiramisu dan kue bolu... sertaaaaa melon! :D (yang batal hadir.. pokoknya nyesellll deh! :P )

Saking senengnya ada banyak makanan ini sampai lupa klo perut saya kecil :D bersama-sama dengan mbak Ossy kita terkapar kekenyangan :D :D (ups.. :P )

Ketika yang lain ketawa-ketiwi dengan banyolan si Jo kita berdua cuma bisa nyengirr aja sambil mengelus elus perut mencoba mencari celah untuk bernapas.

Memang beda kalo kita bukber bareng sesama student, ngga ada deh jai’im-ja’iman. Kultum-pun bukan mengupas sekitar tema Ramadhan melainkan tentang Paper dan tugas-tugas kuliah :D menunggu waktu sahur pun bukan dengan tidur, melainkan dengan diskusi dan sharing pengalaman.. luar biasa! :D :D

Terima kasih banyak untuk temen-temen di Graz atas dedikasinya mengadakan Buka puasa ini. Acaranya sukses banget! Buat yang batal hadir mas-mas dari Wina, Sisko, Bram, Peb, mas helmy, mas khoiri juga yang dari Leoben mas Andy dan Anda, salam kalian udah saya sampaikan pada panitia di Graz.. hihi :D


Salam kompak selalu!


No comments:

Post a Comment